Solusi Error Masalah SPT di Situs DJP Online – Cara mengatasi masalah DJP Online. Menjelang batas akhir pengiriman SPT pajak di website https://djponline.pajak.go.id Ditjen Pajak, banyak pengguna terutama para PNS yang mengeluh karena mengalami masalah atau error pada saat mengakses situs tersebut. Hal ini ditambah lagi banyaknya masyarakat yang ingin menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak secara online semakin membludak menjelang akhir batas waktu yang ditentukan yaitu 31 Maret. Salah satu alasannya sudah pasti karena malas antri di kantor pajak saat melaporkan SPT, meskipun sudah disediakan loket khusus mendapatkan EFFIN.
Dibawah ini beberapa masalah error djp online beserta solusi mengatasinya :
1. Kode Keamanan Tidak sesuai
Laman DJP Online terlalu lama dibuka tanpa aktivitas apapun. Silahkan klik kode keamanan, lalu masukkan kode keamanan yang baru.
2. Server not found 404 atau Error 405
Server tidak ditemukan. Silahkan tekan tombol back (kembali) atau refresh pada browser anda. Atau bias menuju link ini https://djponline.pajak.go.id/default atau ulangi login.
3. Link aktivasi tidak masuk ke email
Tunggu dan coba lagi. Tidak ada solusi jitu untuk masalah ini. Sejak bulan maret, masalah ini mulai jarang terjadi
4. Token tidak terkirim
Internet anda sedang tidak stabil. Silahkan ulangi pengiriman ulang token
5. SO004 Pengguna belum aktif
Anda belum mengklik link aktivasi di email. Buka email anda lalu klik link aktivasi
6. Link aktivasi sudah di klik tapi gagal
Biasanya muncul pesan: “Aktivasi akun DJP Online Tidak Berhasil”. Silakan klik tombol OK untuk ke menu Kirim Ulang Link Aktivasi. Silahkan kirim ulang link aktivasinya. Bisa ke https://djponline.pajak.go.id/resendlink kadang butuh waktu 2 menit, kadang juga butuh waktu lebih lama.
7. Gagal Login : Invalid Credential, Bad User Credential, Database …, Passsword salah
Pastikan NPWP anda betul, tidak mengandung tanda baca strip (-) dan atau titik (.). Pastikan juga password anda tidak salah ketik, Huruf Besar dan kecil anda ketik dengan benar, tidak tertukar.
Masih gagal login juga : silahkan reset password di https://djponline.pajak.go.id/resetpass.
8. NPWP Bendahara/Pemberi kerja (di SPT S) sudah diisi tapi nama bendahara/pemberi kerja tidak muncul
Hapus SPT anda, logout, ulangi dari awal.
9. SPT Sudah ada saat memasukkan kode verifikasi. SPT tidak terkirim tetap masuk ke konsep.
Silahkan datang ke kantor KPP terdekat di kota anda, Mungkin anda sudah lapor SPT. Atau coba buat SPT baru dengan kode pembetulan.
10. kode verifikasi tidak sesuai atau salah.
Solusi : pastikan server code yang ada di DJPonline dan server code (kode server) yang ada di email anda sama.
Jika beda bagaimana? Mungkin anda mengklik 2 kali, silahkan kembali ke inbox anda, lihat email terakhir dan pastikan server codenya sama. Masih tetap berbeda?, Ulangi megirim kode verifikasi
11. Website efiling down, under maintenance, error 500, error 502
Masalah ini berarti server sedang penuh (overload) atau situs sedang dalam pemeliharaan/perbaikan (undermaintenance). Coba lagi untuk login atau mengakses situs setelah 1 jam kemudian atau di luar jam sibuk (peak hours), sebaiknya pada malam hari setelah pukul 9 malam.
Demikian sedikit informasi tentang solusi error di situs pajak djp online, semoga bisa membantu masalah anda.